Dampak Cuaca Panas Pada Komponen Mobil

Dampak Cuaca Panas Pada Komponen Mobil – Pasca berlangsungnya siklon tropis cempaka dan dahlia yang mengakibatkan hujan lebat, gelombang tinggi, angin kencang, sampai potensi kilat atau petir. Kini, beberapa wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas yang cukup tinggi. Efek dari tingginya suhu udara ini tidak hanya berdampak pada kehidupan kita sehari-hari saja nih teman freakers. Tapi, kendaraan kesayangan menyerupai motor dan kendaraan beroda empat juga kena imbasnya. Beberapa komponen kendaraan sangat riskan akhir suhu udara yang terlalu panas. Untuk itu, wajib banget nih buat teman freakers memberi perhatian ekstra terhadap komponen-komponen tersebut.

Untuk mengurangi dampak jelek akhir suhu panas dan angin kering, ada beberapa tips yang bisa teman freakers terapkan untuk memperpanjang umur kendaraan kesayangan nih. Nah, berikut ini ialah beberapa komponen yang wajib diperhatikan dan dirawat ketika dilanda udara panas:

baca juga:�Cara Praktis dan Murah Menghilangkan Baret MobilSistem pendingin

Mobil mempunyai temparatur maksimum dalam bekerja untuk menghasilkan performa terbaiknya dan mencapai titik efisien. Makanya, sistem pendingin harus selalu rajin dirawat bro. caranya, cukup kuras radiator dan bersihkan aneka macam material residu. Selain itu, jaga volume coolant, atau ganti secara terpola tiap setahun sekali. Jangan lupa, anutan pendingin juga wajib dicek, termasuk kalau terdeteksi ada kebocoran.

Aki

Suhu udara yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama kerusakan aki. Logikanya, AC secara konstan mengurangi suhu panas di dalam kabin. Kemudian, sistem akan mengaktifkan blower yang tenaganya diambil dari aki. Komponen ini harus dirawat dengan baik nih teman freakers. Soalnya ketika diluar udaranya panas, makan akan meningkatkan suhu di dalam kabin, teman freakers gak mau kan lagi ditengah kemacetan harus kepanasan di dalam mobil. Cek terminal dan kabel dari korosi, kemudian bersihkan.

Oli mesin

Dalam periode tertentu, pelumas kehilangan viskositas dan partikel penting yang berfungsi penting dalam melidungi mesin. Friksi yang ada akan meningkatkan suhu. Bahkan, dalam kasus terburuk akan menciptakan mesin tidak bekerja dengan maksimal. Jadi, cek level oli, kemudian pastikan menggunakan oli yang direkomendasikan. Kalau bisa, gunakan pelumas sintetik yang bisa melawan panas lebih disarankan.

 Pasca berlangsungnya siklon tropis cempaka dan dahlia yang mengakibatkan hujan lebat Dampak Cuaca Panas Pada Komponen Mobil

Cat

Polutan yang menempel, kemudian terkena panas (terutama sinar matahari langsung) akan bereaksi dengan cat dan mengakibatkan noda pada lapisan cat. Solusinya, basuh secara reguler untuk menghilangkan material korosif. Caranya, gunakan air bertekanan tinggi, alasannya akan lebih memudahkan dalam menghilangkan kotoran di semua sudut mobil.

Ban

Nah, untuk komponen yang satu ini, cuaca panas berakibat jelek pribadi pada ban kalau menggelinding kurang angin. Bagian samping (sidewall) dikhawatirkan akan cepat rusak, bahkan permanen. Perubahan suhu udara panas yang terlampau sering, kebanyakan menciptakan karet kehilangan elastisitas, kemudian memicu retak. Jadi, teman freakers disarankan untuk selalu cek tekanan ban semoga tetap prima.

Filter udara

Udara kering dan angin puting-beliung akhir cuaca panas akan menerbangkan bubuk berlipat-lipat. Hal tersebut akan berimbas pada anutan udara mobil. Sehingga, kinerja filter udara semakin berat dan lebih cepat tersumbat kotoran. Jika asupan udara kurang baik, tentu performa kendaraan beroda empat akan turun secara drastis. Jadi, teman freakers harus rajin membersihkan, atau bahkan menggantinya dengan yang lebih berkualitas secara berkala.

artikel terkait:�Super Premium SUV: Review Lamborghini Urus 2018

Author: admin